13 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Kulit Tubuh (Serta Efek Sampingnya)

by
Sekarang ini, orang-orang semakin banyak yang tahu tentang pemanfaatan minyak zaitun, salah satunya sebagai pelembab wajah alami.

Sebenarnya, pemanfaatan bahan alami minyak zaitun untuk perawatan wajah dan kulit sudah dilakukan sejak zaman Romawi Kuno.

Minyak Zaitun

Photo credit: Pexels.com

Minyak zaitun adalah minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak zaitun terkenal dari kawasan Mediterania.

Di dalam minyak zaitun kaya akan nutrisi seperti vitamin E, vitamin K, phenolic, zat besi, lemak (terutama omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh). (sumber)

Minyak zaitun telah dimanfaatkan untuk banyak hal seperti bahan kuliner, obat-obatan, sabun, kosmetik, dll.

Berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit:

1. Melembabkan Kulit Wajah

Pada artikel berjudul Benefits of Using Extra Virgin Olive Oil on the Face (Livestrong.com) menyebutkan bahwa minyak zaitun extra virgin sarat dengan nutrisi dan antioksidan seperti vitamin A dan E, yang bermanfaat besar bagi kulit tubuh. Jadi belilah produk minyak zaitun di botol kecil, dan taruh di kamar mandi Anda tepat di samping pasta gigi dan deodoran Anda.

Artikel tersebut menjelaskan beberapa manfaat minyak zaitun yaitu untuk melembabkan kulit wajah, membersihkan sel kulit mati, menjaga elastisitas kulit, dan ampuh membersihkan makeup secara alami.

Minyak zaitun extra virgin bermanfaat bagi kulit di wajah Anda, yang memberikan kelembaban dan perlindungan kulit, serta menjaga agar kulit tetap halus.

Antioksidan minyak zaitun (vitamin A dan E) bekerja untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polutan dan asap rokok.

Apabila Anda ingin mendapatkan kulit lembab alami dan sehat, maka rajin-rajin memanfaatkan minyak zaitun sebagai pelembab alami. Kandungan antioksidannya sangat penting membantu agar kulit wajah menjadi sehat dan lembab.

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada wajah sembari dipijat ringan selama 10 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.

Pada tulisan berjudul Olive Oil Benefits for Your Face (Healthline.com) menyebutkan tentang keistimewaan minyak zaitun yang kaya akan vitamin.

Minyak zaitun juga merupakan antioksidan yang bagus, yang membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet penyebab kanker.

Minyak zaitun memiliki konsentrasi bahan yang sangat tinggi yang disebut squalene dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lain pada umumnya. Squalene inilah yang memberi minyak zaitun dorongan ekstra antioksidan.

Minyak zaitun memiliki sifat melembabkan dan melawan bakteri. Apabila Anda rentan terhadap jerawat maka gunakan sabun yang dibuat dengan minyak zaitun. Penggunaannya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. (sumber)

Minyak zaitun juga dikenal dengan manfaat melembabkan kulit. Menurut International Olive Council minyak zaitun mengandung banyak vitamin, yaitu vitamin A, D, K, serta E.



2. Sebagai Exfoliator dan Membersihkan Sel kulit Mati di Wajah

Campuran minyak zaitun extra virgin dan garam dapat menjadi exfoliant alami yang ampuh untuk wajah, terutama bagi mereka yang mengalami masalah kulit kering dan bersisik.

Ilustrasi Kulit Wajah Mulus dan Indah

Pijat campuran ini ke area wajah yang mengalami masalah kulit kering. Campuran alami ini dapat bekerja untuk membersihkan sel kulit mati. Yang kemudian bermanfaat untuk membuat kulit terlihat lebih muda dan indah.

Orang-orang Mesir kuno dan Romawi memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan alami kecantikan. Seorang tokoh sejarah yang terkenal menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan adalah Cleopatra.

Pada artikel Wikihow.com berjudul Cara Mengangkat Lapisan Kulit Mati dengan Minyak Zaitun dan Gula menjelaskan tentang cara membuat kulit lembut dan sehat secara alami. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah minyak zaitun (diutamakan minyak zaitun extra virgin), gula dan air hangat (bukan air panas, air panas menyebabkan kulit terasa terbakar dan kering).

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sekalah wajah Anda dengan kain hangat untuk melembapkannya.
  2. Siapkan minyak zaitun (disarankan minyak zaitun extra virgin) lalu oleskan ke wajah secara perlahan.
  3. Lalu oleskan gula ke tangan secara lembut.
  4. Lalu oleskan gula ke pipi secara perlahan, sembari menggosokkan lembut ke seluruh bagian wajah selama 30 detik. Hati-hati jangan sampai mengenai bagian mata.
  5. Lalu Bilas wajah dengan air hangat untuk membersihkan wajah. 
  6. Wajah saat ini masih berminyak, maka sekalah wajah secara lembut dengan memakai kain yang basah hingga minyaknya terangkat. Lakukan secara perlahan.
  7. Lakukan perawatan ini setiap minggu sehingga kulit sehat dan lembut tanpa sel kulit mati.

Hal yang Perlu Diketahui

  • Jangan menggunakan terlalu banyak gula, sewajarnya saja.
  • Sebelumnya Anda melakukan perawatan ini, maka siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Hal ini agar Anda tidak kerepotan mencari-cari gula ketika wajah berlumur minyak zaitun.
  • Hendaknya menggosok secara perlahan. Dikhawatirkan jika menggosok terlalu keras menyebabkan munculnya masalah luka bakar dan noda merah.
  • Jangan menggunakan handuk yang berwarna terang atau baru. Minyak akan meninggalkan noda disana. Hendaknya menggunakan handuk lama.
  • Setelah melakukan perawatan ini memang akan menyebabkan kulit memerah untuk sementara waktu, namun akan kembali normal dan kulit menjadi lembut setelah beberapa menit.
  • Namun, perawatan ini tidak disarankan bagi mereka yang memiliki kulit sangat putih karena dapat mengakibatkan kulit memerah dalam waktu cukup lama.
  • Anda bisa menggunakan Witch Hazel sebagai toner alami setelah perawatan ini.

3. Menjaga Elastisitas Kulit

Hilangnya elastisitas kulit adalah tanda alami dari kondisi penuaan, selain itu beberapa penyebab yang mempercepat kulit kehilangan elastisitasnya yaitu kulit sering terpapar radiasi UV, kurang minum air putih, sering stres, dan sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis.

Minyak zaitun saat dipijat lembut ke wajah Anda, memberikan manfaat untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah.

Anda tidak perlu membatasi diri untuk penggunaan eksternal. Masukkan minyak zaitun ini ke dalam makanan Anda. Sehingga tubuh Anda akan memperoleh manfaat nutrisi yang besar.

Anda bisa menggoreng makanan menggunakan minyak zaitun. Ingat, minyak zaitun extra virgin memiliki nilai gizi tertinggi karena mengalami lebih sedikit pengolahan.

Sebagai pemberitahuan, produk body lotion yang cocok bagi wanita yang bermukim di daerah tropis adalah body lotion yang lembut dan mudah meresap serta mengandung minyak zaitun. Produk seperti ini dapat mencegah kekeringan, melembutkan, dan melindungi kulit dari sinar ultra violet.

Selain itu, hal-hal penting agar elastisitas kulit terjaga adalah hindari terlalu lama di bawah sinar matahari langsung, minum banyak air putih, dan jangan terlalu sering mandi air hangat.

4. Membersihkan Makeup

Berikan beberapa tetes minyak zaitun extra virgin ke atas bantalan kapas, lalu gunakan untuk menghilangkan riasan mata Anda di penghujung hari.

Alat Makeup

Photo credit: Pexels.com

Angkat perlahan riasan mata Anda tanpa meregangkan dan tanpa menarik kulit halus di sekitar mata Anda. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati.

Saat Anda menggunakannya untuk itu, minyak zaitun ini bekerja untuk melembutkan kulit. Penggunannya sangat bermanfaat dalam menghilangkan makeup di wajah hingga bersih sepenuhnya.

Pada artikel berjudul Tips Memakai Minyak Zaitun Sebagai Pembersih Makeup (Detik.com) mejelaskan bahwa selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun telah dikenal lama bermanfaat sebagai perawatan alami kulit. Minyak yang berasal dari bahan nabati ini seringkali dimnfaatkan sebagai pelembap kulit.

Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih makeup. Sebagian orang menilai bahwa penggunaan minyak zaitun pada kulit yang berminyak akan berdampak buruk bagi kulit, hal ini kurang tepat.

Yang benar justru minyak zaitun dapat membersihkan wajah dari makeup dengan lebih efektif. Seorang dermatologist bernama Julie Russak, M.D. menjelaskan bahwa minyak seharusnya ‘dilawan’ dengan minyak.

“Minyak zaitun mengikat produk lain yang juga berbasis minyak, jadi bisa menjadi pembersih makeup yang bagus,” ujar dokter kulit berbasis di New York, Amerika Serikat.

Julie Russak menyarankan agar memakai minyak zaitun sebelum membersihkan wajah dengan sabun.

Anda hanya perlu mengusapkan minyak zaitun ke wajah sembari memijat lembut hingga makeup luntur.

Lalu basuh wajah dengan air hangat, lalu barulah membersihkan wajah menggunakan sabun. Dalam penerapan minyak zaitun, dapat juga dengan menuangkan minyak zaitun ke kapas, lalu diusapkan ke semua bagian wajah.

“Minyak zaitun cukup lembut untuk digunakan sehari-hari,” kata Julie Russak.

Loading…


5. Meningkatkan Kesehatan Kulit Wajah

Pada artikel berjudul 22 Best Benefits Of Olive Oil (Jaitun Ka Tel) For Skin, Hair, And Health (Stylecraze.com) menjelaskan berbagai manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh.

Diantaranya yaitu manfaat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan kulit wajah, mencegah penuaan dini, sebagai scrub bibir, dan menghaluskan tumit yang retak. Semuanya akan dibahas pada poin ini dan beberapa poin selanjutnya.

Pada poin ke-5 ini yaitu manfaat minyak zaitun untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah.

Tentunya kita menginginkan kulit yang sehat dan indah. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mengobati peradangan, menghilangkan jerawat, dan melindungi kulit dari resiko penyakit berbahaya seperti psoriasis dan kanker kulit.

Anda bisa mengombinasikan minyak zaitun dengan madu dan yogurt dalam perawatan alami untuk wajah. Madu bertindak sebagai humektan, adapun yogurt bekerja sebagai exfoliant yang lembut, sehingga meningkatkan kesehatan kulit.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • 2 sdt minyak zaitun
  • 1/3 cangkir yogurt
  • ¼ cangkir madu

Langkah-langkahnya:

  1. Di dalam sebuah wadah, campurkan ketiga bahan alami tersebut secara merata, hingga menjadi seperti larutan tebal.
  2. Lalu aplikasikan campuran tersebut pada wajah, lalu diamkan selama 20 menit.
  3. Setelah itu barulah membilas wajah kembali hingga bersih menggunakan air suam-suam kuku.

Anda dapat melakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu.

6. Sebagai Anti-Aging

Seiring dengan bertambahnya usia maka kulit akan mengalami penuaan, dimana kulit mulai melorot dan mengalami keriput. Anda bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini yang terlalu cepat dengan memanfaatkan bahan alami minyak zaitun.

Ilustrasi Kulit Keriput

Photo credit: Pxhere.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1 sdm jus lemon (tanpa campuran apapuun)
  • Sedikit garam

Langkah-langkahnya:

  1. Ambil minyak zaitun, lalu pijat wajah Anda dengan beberapa tetes minyak zaitun. 
  2. Pastikan minyak zaitun masih tersisa.
  3. Lalu campurkan sisa minyak zaitun tersebut dengan sedikit garam.
  4. Lalu campurkan juga dengan jus lemon agar memberikan kesegaran.
  5. Lalu aplikasikan campuran ketiga bahan alami ini ke bagian di wajah, terutama bagi mereka yang memiliki kulit wajah kering, kasar, dan bersisik.

7. Sebagai Scrub Bibir

Kondisi bibir juga sangat menentukan baiknya penampilan seseorang, sehingga perawatan bibir merupakan hal yang cukup penting.

Nah, tahukah Anda bahwa minyak zaitun bisa membuat bibir Anda kenyal dan terlihat indah?

Oke langsung saja, siapkan bahan-bahan berupa:

  • Beberapa tetes minyak zaitun
  • Gula merah yang telah dihancurkan
  • Sedikit jus lemon

Minyak zaitun membantu menghaluskan bibir yang pecah-pecah. Adapun gula dan lemon bekerja untuk mengelupas dan membersihkan sel kulit mati.

Langkah-langkahnya:
Di dalam sebuah wadah, campurkan ketiga bahan alami tersebut hingga merata.

Lalu oleskan campuran tersebut pada bibir Anda selama lima menit (disarankan untuk dilakukan sebelum tidur sehingga campuran tersebut dibiarkan meresap selama semalaman).


8. Menghaluskan Tumit

Bukan hal yangg sulit untuk menghaluskan kembali tumit Anda yang retak atau kasar. Cobalah minyak zaitun untuk mengatasi masalah ini.

Tumit Kasar

Photo credit: Istockphoto.com by ClickboxProductions

Anda juga bisa dengan mudah mengencangkan tumit, siapkan bahan alami berupa minyak zaitun dan air jeruk nipis secukupnya.

Anda dapat menggunakan campuran air jeruk nipis dan minyak zaitun untuk dioleskan pada tumit secara lembut, manfaatnya akan menambahkan kelembaban dan kehalusan. 

9. Menghilangkan Stretch Mark

Terjadinya stretch mark ditandai dengan timbulnya garis-garis yang umumnya tidak berwarna, tampilannya juga seperti bekas luka.

Stretch Mark

Terdapat banyak produk krim yang dinilai memiliki manfaat untuk memudarkan stretch mark, namun harganya cukup mahal.

Apabila Anda telah bosan mengeluarkan banyak uang untuk membeli krim stretch mark yang ternyata tidak memberikan manfaat sesuai harapan, maka Anda bisa menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun, yang sejak berabad-abad lalu diketahui memberikan manfaat besar bagi kulit tubuh.

Pada artikel berjudul Stretch Mark Membandel, Singkirkan dengan Minyak Zaitun, Simak Caranya (Tribunnews.com) menyebutkan bahwa minyak zaitun kaya akan nutrisi dan antioksidan yang penggunaannya sangat menguntungkan kulit.

Kandungan di dalam minyak zaitun bekerja untuk merangsang sirkulasi darah di kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi stretch mark.

Artikel tersebut menyebutkan beberapa cara paling efektif menggunakan minyak zaitun untuk menyingkirkan stretch mark yang membandel. Berikut penjelasannya di bawah ini:

Cara 1: Aplikasi langsung

  1. Sebelum Anda tidur, panaskan 2 sdm minyak zaitun sekitar 30 detik.
  2. Lalu oleskan dan pijat minyak zaitun ke bagian stretch mark (ketika minyak zaitun sudah tidak terlalu panas).
  3. Lalu biarkan dalam kondisi demikian selama semalaman.

Anda dapat melakukan perawatan ini setiap hari untuk bisa memudarkan stretch mark yang membandel.

Cara 2: Minyak Zaitun Dicampur Cuka Sari Apel

  1. Di dalam sebuah wadah, campurkan 2 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt cuka sari apel.
  2. Lalu aplikasikan campuran pada bagian kulit yang bermasalah.
  3. Lalu pijat selama beberapa menit.
  4. Setelah itu biarkan dalam kondisi demikian selama 30 menit.
  5. Bilas kembali dengan air bersih.

Lakukan perawatan alami ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Cara 3: Minyak Zaitun dan Lidah Buaya

  1. Sediakan 2 sdm minyak zaitun dan 2 sdt gel lidah buaya.
  2. Lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga merata di dalam sebuah mengkuk.
  3. Oleskan ke bagian kulit yang mengalami stretch mark, sembari memijat selama 5 menit.
  4. Diamkan dalam kondisi demikian selama 30 menit.
  5. Lalu bilaslah dengan air hangat.

Ulangi perawatan alami ini setiap hari untuk memperoleh hasil maksimal.

Cara 4: Minyak Zaitun Dicampur Gula Merah dan Jus Lemon

  1. Siapkan 2 sdm minyak zaitun, 2 sdt gula merah, dan 1 sdt jus lemon.
  2. Campurkan bahan-bahan alami tersebut hingga merata.
  3. Lalu oleskan pada bagian stretch mark.
  4. Setelah itu pijat lembut selama 5-10 menit.
  5. Diamkan dalam kondisi demikian selama 30 menit.
  6. Lalu barulah membersihkan kembali dengan menggunakan lap yang sudah direndam dalam air hangat.
Lakukan perawatan alami ini setiap hari untuk menghilangkan stretch mark hingga tuntas.

Cara 5: Minyak Zaitun dan Bubuk Kunyit

  1. Siapkan 2 sdm minyak zaitun dan ½ sdt bubuk kunyit.
  2. Campurkan kedua bahan alami tersebut hingga merata di dalam sebuah wadah.
  3. Lalu oleskan ke seluruh bagian yang terkena stretch mark, sembari memijat lembut selama 5-10 menit.
  4. Lalu diamkan selama 30 menit.
  5. Bilas dengan air suam-suam kuku hingga bersih kembali.

Agar dapat secara efektif menghilangkan stretch mark, lakukan perawatan ini 3-4 kali dalam seminggu.

10. Perlindungan Antioksidan

Jika diaplikasikan pada kulit tubuh, minyak zaitun mengandung antioksidan penting berupa vitamin E, fitosterol dan polifenol yang mampu melindungi kulit dari berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini hingga resiko penyakit kanker kulit.

Vitamin E dalam minyak zaitun berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, serta menghaluskan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Selain itu, minyak zaitun mengandung senyawa langka bernama Hydroxytyrosol yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat serangan radikal bebas. 

loading…

11. Untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Mengatasi Kulit Kering

Pada artikel berjudul Manfaat Ajaib Minyak Zaitun Bagi Kecantikan Kulit Wajah (Dream.co.id) menyebutkan bahwa kecantikan wajah bisa diperoleh dengan perawatan alami, salah satunya dengan minyak zaitun, bahwasanya keajaiban minyak zaitun tidak diragukan lagi.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, minyak zaitun juga bermanfaat dalam perawatan kecantikan kulit.

Di dalam minyak zaitun terkandung bahan antioksidan alami seperti phytosterols, polyphenols dan vitamin E sehingga ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering

Artikel tersebut menyebutkan beberapa cara memanfaatkan minyak zaitun agar memberikan khasiat untuk kecantikan kulit dan mengatasi masalah kulit kering, berikut di bawah ini.

Minyak Zaitun dan Madu
Tidak hanya melembabkan kulit, kombinasi dua bahan alami ini bisa menjadikan kulit wajah lebih berseri. Anda hanya perlu mencampurkan satu sdm minyak zaitun dan satu sdm madu di dalam sebuah wadah.

Setelah tercampur rata, maka oleskan pada wajah, diamkan selama 10 menit. Lalu barulah membilas wajah dengan air hangat. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Minyak Zaitun dan Alpukat
Campuran alpukat dan minyak zaitun dapat menjadi sumber kelembaban alami yang baik bagi wajah. Pertama-tama hancurkan satu buah alpukat, lalu campurkan dengan dua sdt minyak zaitun di dalam sebuah wadah.

Setelah tercampur rata, maka oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu barulah membilas wajah dengan air hangat. Ulangi perawatan ini setidaknya setiap minggu.

Minyak Zaitun dan Putih Telur
Perawatan dengan kombinasi minyak zaitun dan putih telur, cocok bagi Anda yang menginginkan kulit lembab sekaligus terlihat kencang.

Di dalam sebuah wadah, campurkan satu sdt minyak zaitun dan putih telur. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada wajah lalu diamkan selama 10 menit.

Lalu bersihkan kembali wajah dengan menggunakan facial cleanser dan air hangat. Lakukan perawatan alami ini seminggu sekali.

Minyak Zaitun dan Pisang
Kombinasi minyak zaitun dan pisang bisa memberikan ekstra vitamin B6 untuk kulit Anda. Pertama-tama siapkan satu sendok teh minyak zaitun.

Lalu hancurkan satu buah pisang. Campurkan kedua bahan alami tersebut di dalam sebuah wadah hingga merata.

Gunakan campuran ini sebagai masker, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu.

12. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Secara Alami

Pada artikel berjudul Mengecilkan Pori-Pori Kulit Secara Alami, Ramuan Ini Solusinya (Vemale.com) menyebutkan apabila Anda memiliki masalah pori-pori kulit yang besar dan ingin untuk mengecilkan pori-pori kulit, Anda bisa memanfaatkan bahan alami minyak zaitun.

Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1/2 sdm minyak zaitun
  • 1/2 sdt air perasan jeruk lemon
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdm gula

Langkah-langkahnya:

  1. Di dalam sebuah mangkuk, campurkan keempat bahan alami tersebut hingga merata.
  2. Lalu oleskan ke kulit wajah, sembari dipjat lembut dengan gerakan memutar. 
  3. Setelah selesai mengoleskan, diamkan dalam kondisi seperti itu selama 15-20 menit.
  4. Lalu bilas wajah hingga bersih kembali.
  5. Setelah itu keringkan kulit wajah, lalu oleskan pelembap.

Anda disarankan melakukan perawatan alami ini dua kali dalam seminggu untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Campuran minyak zaitun, baking soda, air jeruk lemon dan gula dapat menjadi ramuan yang dapat secara efektif bermanfaat bagi kulit wajah, mengecilkan pori-pori kulit, dan mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus.

Kandungan di dalam baking soda bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Air perasan jeruk lemon mengandung asam yang ikut membantu mencerahkan kulit.

Penggunaan bahan gula bermanfaat untuk membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati, serta minyak zaitun memiliki khasiat untuk melembapkan kulit.

13. Manfaat Lainnya

Pada tulisan berjudul Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Dan Kulit Tubuh (Alodokter.com) menyebutkan bahwa minyak zaitun sudah umum digunakan sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan, bahkan sejak masa Romawi Kuno dahulu.

Bahan alami minyak zaitun sudah dimanfaatkan untuk banyak keperluan seperti masakan, obat-obatan, komestik, sabun, hingga bahan bakar untuk lampu tradisional.

Selain untuk konsumsi makanan, minyak zaitun dapat dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan mengatasi bibir pecah-pecah.

Penggunaan minyak zaitun bisa untuk melembutkan kulit, serta mengatasi masalah kulit kering dan retak-retak (misalnya pada siku dan tumit).

Apabila Anda kehabisan pembersih make up, maka Anda bisa mencoba alternatif minyak zaitun ini dalam membersihkan sisa-sia make up di wajah hingga tuntas. Sudah bertebaran berbagai produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk mencuci wajah, dimana banyak produk cleansing oil yang menggunakan bahan minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat Anda jadikan masker atau facial. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah.

Metode lainnya yaitu mencampur satu sdt minyak zaitun, dua sdt cuka sari apel, dan satu sdt madu. Lalu oleskan campuran tersebut pada wajah, dan diamkan selama 15 menit. Lau bilas wajah dengan air hangat.

Untuk Kulit Tubuh
Hasil suatu penelitian menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari resiko penyakit kanker kulit.

Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit tubuh, dimana mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Penggunaan minyak zaitun pada kulit umumnya tidak menyebabkan alergi, namun hendaknya jangan mengoleskan minyak zaitun pada jerawat.

Beberapa keistimewaan minyak zaitun yaitu mengandung senyawa antioksidan, berperan sebagai anti-inflamasi, serta membuat kulit menjadi halus dan lebih berseri.

Mengonsumsi minyak zaitun juga bermanfaat untuk “melucuti” radikal bebas di dalam tubuh, mengurangi peradangan, meminimalisir munculnya kerutan, dan menjaga kekencangan kulit.

Beberapa klaim tentang manfaat lainnya minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh, yaitu:
Mengobati eksim (kulit merah dan gatal)

  • Psoriasis
  • Infeksi jamur
  • Kurap
  • Panu
  • Jamur di lipat tubuh

Hanya saja, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan dan memastikan kebenaran manfaat tersebut.

Efek Samping Minyak Zaitun

Pada tulisan berjudul Olive Oil Benefits for Your Face (Healthline.com) menyebutkan hasil sebuah penelitian, bahwa apabila seseorang memiliki kulit sensitif, terutama lagi kulit berminyak atau kondisi kulit seperti dermatitis, maka minyak zaitun mungkin bukan pilihan terbaik.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatric Dermatology tahun 2013 menemukan bahwa efek samping penggunaan minyak zaitun memiliki potensi membuat kondisi kulit tertentu memburuk pada orang dewasa, dan hendaknya minyak zaitun tidak digunakan pada bayi.

Apabila Anda memiliki kulit sensitif, maka perlu melakukan tes alergi sebelum mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit Anda (terutama bagian wajah). Caranya, oleskan sedikit minyak zaitun pada lengan bawah Anda. Lalu amati, apakah ada reaksi tertentu dalam 24-48 jam?

Sebagian sumber menyebutkan bahwa penggunaan minyak zaitun hendaknya bijak (jangan berlebihan). Minyak zaitun dinilai agak sulit diserap oleh kulit sehingga berpotensi memerangkap kotoran dan kulit mati di pori-pori kulit tubuh, kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya komedo.

PERHATIAN!

Jangan Pernah Simpan Minyak Zaitun Dekat Kompor
Banyak orang yang menyimpan minyak zaitun di dekat kompor atau oven. Alasannya sederhana, agar lebih mudah dijangkau saat mau digunkan. Laman Viva.co.id  menyebutkan bahwa menyimpan atau meletakan minyak zaitun di dekat kompor adalah tindakan keliru. Mengapa?

Minyak zaitun yang berada di dekat kompor sehingga kondisinya hangat, bisa menyebabkan rasa yang lebih kuat, yaitu menyebabkan minyak zaitun terasa seperti cuka seiring berjalannya waktu.

Nah, agar melindungi rasa minyak zaitun, maka simpanlah minyak zaitun di tempat yang sejuk dan gelap, pastikan botol tertutup dengan rapat dan kencang. Oksigen, cahaya dan panas merupakan tiga musuh utama minyak zaitun.

Dengan begitu, hindari menyimpan minyak zaitun di dekat kompor.

Belum Ada Bukti Ilmiah Bahwa Minyak Zaitun Dapat Mengobati Varises
Pada laman tanya-jawab Alodokter, seorang bernama Anton Teza bertanya: “Apakah benar minyak zaitun dapat menyembuhkankan varises?”

dr. Budiono menjawab varises merupakan keadaan pembengkakan pada pembuluh darah balik (vena) yang akhirnya memunculkan tonjolan (pembengkakan) pada tubuh .

Bagian tubuh yang mengalami varises seperti betis atau lipatan tungkai. Ciri varises yaitu memiliki warna biru tua atau ungu, terkadang menimbulkan rasa nyeri yang bertingkat-tingkat.

Varises sebenarnya dapat muncul pada banyak bagian tubuh, hanya saja biasanya varises muncul pada bagian kaki karena paling sering mendapatkan tekanan.

Terjadinya varises umumnya akibat kondisi penumpukan darah pada pembuluh darah balik. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena varises :

  • Kurangnya aktifitas
  • Kegemukan
  • Terkait postur tubuh, seperti berdiri terlalu lama dan semacamnya
  • Faktor usia
  • Kerusakan katup pembuluh darah balik

Masalah varises yang ringan bisa ditangani sendiri dirumah, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu menurunkan berat badan, melakukan pola hidup sehat, dsb.

Apabila kondisi varises yang dialami cukup buruk, dan timbul rasa sangat tidak nyaman atau nyeri, maka hendaknya periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Beberapa metode penanganan yang kemungkinan ditawarkan dokter seperti prosedur pembedahan, sclerotherapy ataupun terapi ablasi.

Adapun mengenai penggunaan minyak zaitun untuk pengobatan varises, maka belum terdapat bukti manfaat minyak zaitun terhadap kondisi varises.

Tidak Disarankan Mengoleskan Minyak Zaitun pada Jerawat
Sebagian sumber menyebutkan tentang penerapan minyak zaitun pada jerawat, yaitu pertama-tama bersihkan wajah dengan air bersih, lalu oleskan minyak zaitun pada bagian jerawat. Diamkan selama beberapa menit, lalu basuh wajah dengan air bersih.

Namun pada laman tanya-jawab Alodokter, dr. Devika Y menjelaskan apabila seseorang berjerawat maka hendaknya tidak memakai minyak zaitun sebagai face oil.

Menambahkan regime face oil pada kulit yang mudah berjerawat beresiko menyebabkan jerawat dan komedo semakin banyak. Dengan begitu, Anda hendaknya menghindari mengoleskan minyak zaitun pada jerawat di wajah.

WARNING KHUSUS DEWASA!!! Semua artikel disini adalah konten dewasa yaitu video bokep terbaru 2018 yang paling hot dan paling diminati, dan tak layak jika di tonton anak kecil yang belum cukup umur. ----------

VIDEO BOKEP TERBARU PEMERKOSAAN DAN ABG CANTIK JUGA CEWEK INDO MODEL DAN ARTIS YANG LAGI HORNY

----------
loading...