Ahok Jadi Tersangka Netizen Protes Di Twitter #KamiAhok

Tagar #KamiAhok langsung menjadi topik paling populer di jejaring sosial media Twitter membuktikan banyak orang Indonesia yang mencintai dia.

0
33
Ahok Jadi Tersangka Netizen Protes Di Twitter

Laladila.com – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama. Penetapan tersebut dilakukan oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal Ari Dono di Mabes Polri, Rabu (16/11/2016).

Seperti diketahui, perkara dugaan penistaan agama yang dituduhkan kepada Ahok bermula ketika ia melakukan kunjungan kerja ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, 27 September lalu.

ahok-tak-mengetahui-ahli-dari-mesir

Sejumlah organisasi kemasyarakatan berbasis agam lantas melaporkan Ahok ke kepolisian. Pada 14 Oktober lalu, tanpa jadwal pemeriksaan, Ahok datang ke kantor Bareskrim terkait permasalahan hukum itu.

“Ini membuktikan bahwa kepolisian bekerja secara proporsional, profesional, independen dan tidak diintervensi oleh kekuatan mana pun,” ujar Zainut.

“MUI mengimbau kepada semua pihak untuk bisa menerima keputusan ini,” sambungnya menegaskan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta semua pihak bisa menerima, disampaikan Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (16/11/2016). MUI menghargai Polri yang menetapkan Ahok sebagai tersangka.

Menurut Zainut, keputusan yang diambil Polri sudah melalui mekanisme yang baik, didahului dengan dilaksanakannya gelar perkara terbuka terbatas. Pihak pihak yang dihadirkan dalam agenda itu juga berimbang.

Baca juga: Ahok ke Pendukung: Tetap ke TPS dan Menangkan Kami Satu Putaran

“Sehingga keputusan yang diambil benar-benar memiliki akuntabilitas publik dan tidak menimbulkan syak wasangka,” ucapnya.

“MUI mengharapkan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus mengawal proses hukum selanjutnya dengan tetap menjaga ketertiban, keamanan dan tetap mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan,” sambung Zainut menambahkan.

Bila pengadilan menetapkan juga dirinya bersalah, Ahok akan menjalani hukuman di penjara.

Pernyataan Ahok Ditetapkan Sebagai Tersangka

Ahok mengatakan, hukuman penjara itulah yang bisa membuka peluangnya menjadi seorang Presiden.

“Siapa tahu gua bisa jadi Presiden,” ujar Ahok mengutarakannya di depan puluhan warga, di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2016).

Ahok berkaca kepada pengalaman almarhum Nelson Mandela yang menduduki jabatan tertinggi di negaranya setelah menjalani hukuman penjara selama 27 tahun.

“Mandela dipenjara puluhan tahun saja bisa jadi Presiden,” ujar Ahok.

Diketahui Ahok dijerat Pasal 156a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) atas ucapannya terkait ayat 51 surat Al Maidah di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016.

Kini, Ahok telah ditetapkan sebagai tersangka.

Selang 1 jam setelah penetapan tersebut, tagar #KamiAhok langsung menjadi topik paling populer di jejaring sosial media Twitter.

Tagar digalang oleh para netizen terutama pengguna Twitter yang memprotes penetapan tersangka calon petahana Gubernur DKI itu.

Salah satu yang menggalang tagar tersebut adalah sutradara kawakan, Joko Anwar.

Melalui cuitannya, dia mengatakan bahwa Ahok adalah orang baik.

“Ahok adalah orang yang baik, jika kita seperti ini, mungkin kita belum layak untuk menerima perubahan. Mungkin kita tidak layak baginya (Ahok),” cuit Joko Anwar.

Ajakan untuk meramaikan tagar tersebut juga dilakukan oleh akun Twitter Ahok-Jarot.

“Mari tunjukkan dukunganmu dengan meramaikan hashtag #KamiAhok,” kicau akun tersebut.

LEAVE A REPLY