Cegah Pelecehan Seksual di Rumah Sakit, Dokter Harus Tegakkan SOP

by

Cegah Pelecehan Seksual di Rumah Sakit, Dokter Harus Tegakkan SOP

LALADILA – Kasus pelecehan seksual seorang pasien oleh oknum perawat di Rumah Sakit National Hospital Surabaya beberapa waktu lalu ternyata bukanlah yang pertama kali terjadi di rumah sakit tersebut.
Jauh sebelum kasus itu terkuak, terdapat laporan seorang calon perawat yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual oleh oknum dokter di RS tersebut. Maraknya kasus pelecehan yang terjadi di rumah sakit, 
Komisioner Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang juga pembina Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Indah Sukmaningsih, menegaskan pentingnya penerapan standar operasi dan prosedur (SOP) dalam pelayanan pasien.
Ia mengatakan dalam SOP pelayanan kesehatan, pasien berhak ditemani oleh keluarganya ketika diperiksa oleh dokter, apalagi yang berbeda jenis kelamin. Menurutnya hal ini dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan termasuk potensi adanya pelecehan seksual.

“Karena kan kalau dibius pasien nggak sadar. Jadi hak pasien untuk ditemani anggota keluarganya ketika diperiksa atau dilakukan tindakan oleh tenaga medis,” ujar Indah pada temu media di PB Ikatan Dokter Indonesia, Kamis (1/2/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Moh. Adib Khumaidi merinci beberapa SOP dalam pelayanan kesehatan antara lain ketika mengobati pasien berbeda jenis kelamin maka dokter harus didampingi oleh perawat yang satu jenis kelamin dengan pasien. Hal yang sama juga berlaku pada pasien.
“Lembar persetujuan tindakan medik harus disampaikan juga ke pasien terkait tindakan apa yang akan dilakukan. Itu sudah tercantum di SOP pelayanan kesehatan,” tambah dia.
Terkait kasus dugaan pelecehan yang dilakukan dokter terhadap perawat di Surabaya, Adib mengatakan, IDI Jawa Timur tengah melakukan investigasi ada tidaknya pelanggaran yang dilakukan dokter tersebut. Jika terbukti ada pelanggaran, IDI berhak memberikan sanksi disiplin dan sanksi etik.
WARNING KHUSUS DEWASA!!! Semua artikel disini adalah konten dewasa yaitu video bokep terbaru 2018 yang paling hot dan paling diminati, dan tak layak jika di tonton anak kecil yang belum cukup umur. ----------

VIDEO BOKEP TERBARU PEMERKOSAAN DAN ABG CANTIK JUGA CEWEK INDO MODEL DAN ARTIS YANG LAGI HORNY

----------
loading...