Dugaan Terhadap Buni Yani Sangat Mengundang Banyak Tanya

Diduga mengunggah video dugaan penistaan agama yang melibatkan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Buni Yani akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut oleh Bareskrim.

0
8
Buni Yani diduga menjadi dalang dibalik editan video kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok

laladila.com -terkait dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Bareskrim Polri akan kembali memeriksa delapan saksi, salah satu saksi yang segera diperiksa ialah Buni Yani, pria yang diduga mengunggah video dugaan penistaan agama yang melibatkan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Anjak Madya Divhumas Mabes Polri Kombes Rikwanto mengatakan, Buni Yani bakal dipanggil dan dimintai keterangannya sebagai saksi.

“Rencana hari Kamis, Buni Yani dipanggil penyidik sebagai saksi. Sementara sudah selesai (pemeriksaan) terhadap saudara Ahok,” ujar Rikwanto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Buni Yani yang juga seorang dosen komunikasi di perguruan tinggi swasta, belakangan ini menjadi sorotan. Unggahannya di media sosial tentang video pidato Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menuai kontroversi.

Buni Yani diduga memenggal kata ‘pakai’ dalam video pidato Ahok di Kepulauan Seribu. Akibatnya, publik geger dan Ahok tersandung kasus penistaan agama.

Sementara, Buni Yani mengaku tidak mengedit video pidato Ahok. Dia juga menegaskan bukan dirinya yang pertama kali mengunggah video itu.

“Saya bukan pertama kali meng-upload video. Sama sekali bukan saya. Ini kan dari pemda kemudian dari media NKRI. Saya dituduh memotong yang dari 1 jam ke 31 detik,” ucap Buni di Jakarta.

“Itu tidak benar. Saya tidak punya kemampuan editing. Saya tak punya alatnya. Saya tidak ada waktu, karena saya mengajar. Saya enggak ada kepentingan,” sambung dia.

Buni Yani pun bersumpah tidak melakukan apa yang dituduhkan kepadanya selama ini. Khususnya, soal mengubah isi konten.

“Saya bersaksi demi Allah, dunia akhirat, tidak mengubah apa-apa dalam video tersebut sama sekali,” Buni menandaskan.

-sd-

LEAVE A REPLY