Hillary Clinton 99 Persen Akan Memenangkan Pemilu VS Donald Trump

0
105
Hillary Clinton
Hillary Clinton (Photo Getty)

Laladila.com – Hillary Clinton 99 Persen Akan Memenangkan Pemilu VS Donald Trump. Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat dinyatakan punya kemungkinan 99 persen memenangkan pemilu melawan Donald Trump yang digelar besok. Pernyataan itu berdasar dari hasil survei Konsorsium Pemilu Universitas Princeton.

Ya, dilansir independent.co.uk sebuah survei dari Princeton Pemilu Konsorsium telah mengumumkan bahwa Hillary Clinton telah 99 persen kesempatan untuk menang pemilu lebih dari Donald Trump.

Hillary Clinton 99 Persen Akan Memenangkan Pemilu VS Donald Trump (2)
Foto: Debat Hillary Clinton VS Donald Trump. ©REUTERS/Brian Snyder

Ms Clinton telah diproyeksikan 312 electoral votes, dibandingkan dengan 226 untuk Mr Trump. Total dari 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang.

Survey finds Hillary Clinton has ‘more than 99% chance’ of winning election over Donald Trump

Probabilitas statistik yang ditemukan oleh university statistik Bayesian model.

Hari ini (07/11) adalah tiga hari menjelang pemilihan, Clinton diperkirakan meraih 312 suara pemilu (electoral votes) sedangkan Trump mendapat 226 suara pemilu. Untuk menjadi presiden, seorang kandidat harus meraih minimal 270 suara pemilu. Angka 270 diperoleh dari jumlah keseluruhan electoral votes di AS yakni 538 dibagi dua. Dengan demikian pemenang adalah yang berhasil meraih 269 suara pemilu plus 1 sama dengan 270.

Angka 538 adalah jumlah total keterwakilan tiap negara bagian di Senat dan Kongres AS berdasarkan jumlah populasi di tiap negara bagian.

Koran the Independent melaporkan, Minggu (6/11), hasil uji stastistik Universitas Princeton itu menggunakan metode model Bayesian. Pembuat model data statistik Princeton itu, Profesor Sam Wang, berhasil memprediksi dengan tepat hasil pemilihan di 49 dari 50 negara bagian pada pemilu 2012.

Hasil jajak pendapat lain juga memprediksi Clinton akan menang. Lembaga FiveThirtyEight mengatakan Clinton punya kemungkinan menang 65 persen. the New York Times menyebut 85 persen.

 

Hillary Clinton 99 Persen Akan Memenangkan Pemilu VS Donald Trump

LEAVE A REPLY