Ingin Tingkatkan Fungsi Otak? Jalan Kaki Setiap Hari Bisa Menjadi Jawabannya

by

Jalan kaki bermanfaat bagi kesehatan otak via berkeleywellness.com

LALADILA – Seiring dengan pertambahan usia, biasanya kita cenderung mudah lupa. Ha ini memang umum terjadi sebagai salah satu tanda-tanda penuaan, tapi dalam sejumlah kasus, lupa juga dapat mengindikasikan gangguan kognitif ringan, yang juga dapat berkembang menjadi demensia. 


Dilansir dari Medical News Today, sebuah riset dari Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior di University of California, Los Angeles mengungkapkan cara yang mudah untuk menjaga agar otak tetap tajam di usia tua, yaitu berjalan kaki setiap hari, dengan jarak tempuh yang sebaiknya cukup jauh. 


Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, berjalan kaki dapat meningkatkan atensi, efisiensi prosesi informasi dan kemampuan kognitif lainnya. 


Prabha Siddarth selaku peneliti dan tim merekrut 29 orang dewasa berusia 60 tahun dan lebih. Sebanyak 26 di antaranya menyelesaikan studi ini dalam kurun waktu 2 tahun. Mereka dibagi menjadi 2 grup: Grup yang aktivitas fisiknya rendah (berjalan kaki sebanyak 4.000 langkah atau kurang setiap harinya), dan grup yang aktivitas fisiknya tinggi (berjalan lebih dari 4.000 langkah per hari). 

Semua partisipan memang memiliki masalah mudah lupa, namun tidak ada yang menderita demensia. 


Peneliti menggunakan pemindaian MRI guna mengetahui volume dan ketebalan hippocampus, yakni bagian otak yang diasosiasikan dengan pembentukan serta penyimpanan memori, dan orientasi spasial. 


Partisipan juga menjalani tes neuropsikologis guna mengkonsolidasi penilaian kapasitas kognitif mereka.

Hasilnya, mereka yang aktif bergerak dan berjalan sebanyak lebih dari 4.000 langkah (kurang lebih 3 kilometer) per hari memiliki bagian hippocampus serta wilayah otak terkait lainnya yang lebih tebal, dibandingkan mereka yang tidak aktif. 


Mereka yang aktif juga memiliki atensi yang lebih besar, prosesi informasi yang lebih cepat dan fungsi eksekutif otak yang lebih efisien – termasuk working memory, yakni memori yang menjadi acuan sehari-hari saat kita perlu membuat keputusan secara spontan.


Tapi soal lupa dan kesulitan mengingat, kedua grup partisipan ini tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. 


Kendati demikian, berjalan setiap hari tetaplah memengaruhi kesehatan otak secara signifikan, yang terbukti melalui hasil pemindaian MRI. 

SUMBER : SUARA.COM


 

Baca juga

WARNING KHUSUS DEWASA!!! Semua artikel disini adalah konten dewasa yaitu video bokep terbaru 2018 yang paling hot dan paling diminati, dan tak layak jika di tonton anak kecil yang belum cukup umur.

TOP RATE VIDEO BOKEP 2018

----------

VIDEO BOKEP TERBARU PEMERKOSAAN DAN ABG CANTIK JUGA CEWEK INDO MODEL DAN ARTIS YANG LAGI HORNY

----------