Inilah Benda-Benda Yang Lebih Mahal Daripada Nuklir

0
2
Ilustrasi (foto: softpedia.com)

Berbicara soal nuklir, pasti yang terlintas di benak kita adalah bom mematikan dengan daya ledak yang sangat kuat dan luas. Jika kita telusuri lagi tentang pembuatan nuklir, rupanya nuklir dibuat dari berbagai macam mineral yang langka.

Salah satu mineral yang jadi komponen utama nuklir adalah plutonium. Percaya atau tidak, satu gram plutonium bisa dihargai sampai 4.000 USD atau sekitar Rp 54 juta. Sementara itu butuh banyak plutoium untuk merampungkan sebuah nuklir. Kebayang berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membuat satu nuklir saja.

Selain plutoium, ternyata ada benda lainnya yang jauh lebih mahal dari komponen utama nuklir ini. Langsung saja, berikut benda-benda yang bisa disebut lebih mahal dari nuklir.

1. Tritium

(foto: pinterest.com)

Tritium disebut juga hidrogen jenis 3 yang memiliki simbol kimia 3H. Tritium sendiri adalah senyawa hidrogen yang bisa berubah jadi zat radioaktif secara alami akibat paparan sinar matahari sehingga mineral langka ini sulit sekali ditemukan.

Menurut para ilmuwan, tritium bisa digunakan sebagai lampu abadi yang tidak akan pernah padam atau redup. Mineral ini bisa memancarkan cahaya abadi karena ada reaksi kimia tercampur dengan zat tertentu. Dalam kata lain, tritium bisa digunakan sebagai sumber listrik atau baterai.

Meskipun langka, kini ilmuwan berhasil menciptakan tritium lewat reaksi nuklir. Dan tritium buatan manusia ini bisa dihargai sampai $30.000 (Rp 405 juta) per gram.

2. Californium

(foto: prezi.com)

Mineral dengan simbol Cf ini merupakan salah satu zat radioaktif yang sering digunakan untuk menghasilkan radiasi gamma. Dalam dunia militer, californium biasanya digunakan untuk alat pendeteksi bahan peledak dan ranjau.

Californium juga digunakan sebagai reaktor nuklir. Selain itu, data penelitian menunjukkan californium bisa digunakan sebagai obat kemoterapi penderita kanker. Jadi tak heran jika harga satu gram californium bisa dipatok sampai $27 juta (Rp 364 miliar).

3. Berlian

(foto: nbcnewyork.com)

Berlian sering dijadikan perhiasan mewah dengan harga yang tentunya sangat mahal. Sejatinya berlian sendiri merupakan mineral berbahan dasar karbon yang mirip dengan sisa-sisa pembakaran arang. Bedanya saja berlian mempunyai susunan atom karbon yang lebih rapi dan padat ketimbang susunan atom karbon arang.

Untuk harga berlian berbeda-beda tergantung jenis berliannya. Namun yang umum, satu gram berlian yang sudah melalui proses cutting bisa dihargai sampai $55.000 (743 juta).

4. Batu Taaffeite

(foto: jadiberita.com)

Batu taaffeite merupakan batuan mulia yang mampu membiaskan cahaya ke dua arah. Batu berwarna merah dan ungu ini pertama kali ditemukan oleh Edward Taaffe di Srilangka.

Keunikan dari batu ini adalah bahan penyusunnya yang terdiri dari magnesium, beryllium, dan alumunium. Fungsi utama dari batu ini bisa dijadikan perhiasan yang memiliki kekerasan di bawah batu Topaz. Karena kelangkaannya, batu ini dihargai $20,000 (Rp 270 juta) per gram.

LEAVE A REPLY