Kata Maaf Agar Damai, inilah Cara Membuat Hati Dan Pikiran Selalu Tenang Dengan Memaafkan Orang Lain

0
4
Kata Maaf Agar Damai, inilah Cara Membuat Hati Dan Pikiran Selalu Tenang Dengan Memaafkan Orang Lain

wahok-foto gambar icon logo facebook, google plus, twitter, pinterest, linkedin png

“Marilah hidup damai, singkirkan dendam dari hati kita masing-masing.” Ajakan ini tentu tak asing bagi kita, tapi justru sulit sekali melaksanakannya. Memaafkan memang tak mudah, kadang bersangkut dengan status sosial kita. Tapi, tahukan Anda, tanpa maaf, kedamaian tak akan pernah singgah di hati, seperti sering tejadi di dunia maya, saling hujat, caci maki dengan penuh kebencian, yang tadinya teman sekarang berubah 100% membenci (haters) sungguh sayang bukan ?

Sebenarnya, tak sulit memberi maaf. Tapi, lebih banyak orang yang lebih gampang memberi uang daripada maaf. Dendam pun bersarang kemudian menjadi racun di hati, berurat berakar, bahkan menjadi penyakit menahun. Hidup tak indah, kesalahan orang lain menjadi kebahagiaan kita sungguh sangat Ngeri sekali. Tapi, jika Anda ingin bertobat dan mau memberi maaf walaupun itu sungguh sulit, kenapa tidak?

Lihat Juga:

  • Fakta Menarik Tentang Kesetiaan Seorang Pria Dan Wanita Masalah Hubungan Cinta
gambar dp bbm lucu untuk jones

Berikut tips dan kiat ampuh bisa memaafkan teman, rekan kerja, ataupun pasangan hidup

Orang lain tak pernah salah.
Itulah yang harus Anda pikirkan. Tak sulit, percayalah. Ini akan menjadi obat bagi Anda. Percayalah, kadang Anda terlalu kreatif berimajinasi tentang kesalahan orang lain.

Psikolog dan penulis Richard Carlson Ph.D mengatakan dalam bukunya Don’t Sweat the Small Stuff, solusi yang paling mudah justru adalah dengan berpikir bahwa orang lain tak bersalah.

“Terapi paling bijak menghadapi sikap orang lain yang bertentangan dengan hati Anda adalah dengan mengerti apa yang tersembunyi di balik perlakuan orang lain,” ujar Carlson.

Carlson mengambil contoh pelakuan orang tua terhadap anaknya yang masih kecil. “Meskipun si anak begitu bandel dan menjengkelkan, orang tua tetap maklum dan berusaha mengerti. Pada kebanyakan kasus rasa luka akibat sakit hati terhadap orang lain, perilaku a la orangtua ini bisa ditiru,” ujar Carlson.

Jadilah yang pertama. 
Jangan berharap orang lain untuk memulainya. Ambillah peranan ini. Datangi dia, dan segeralah meminta maafnya. Dan katakanlah dengan perasaan yang tulus. Bisa juga dengan memberikan bunga misalnya, sebagai bukti keseriusan Anda.

Kalau Anda tak mengambil inisiatif, permasalahan tak akan berakhir, karena, “Tak ada satu pun orang di dunia ini yang merasa bahagia jika disalahkan. Meskipun dia tahu dirinya salah,” ungkap Carlson.

Kalaupun Anda tak bersalah, tak perlu menyalahkannya atau berharap ia meminta maaf. Jadilah orang pertama yang meminta maaf. Apalagi, “Jika persoalannya hanya sepele, tak perlu ngotot jadi si juru benar,” imbuh Richard.

Punahkan dendam. 
Berhentilah mengobarkan luka hati yang pernah Anda rasakan. Dengan tak berulang-ulang menghidupkan kembali situasi itu, Anda akan mendapatkan kedamaian dan ketenangan hati.

Tinggalkan kemarahan, dan lupakan dendam.
Sikap memaafkan memberi Anda kekuatan untuk mengatasi hidup. Ketika Anda memberi maaf dulu, maka Anda akan merasakan kebahagiaan. Memaafkan seseorang berarti melepaskan suatu beban. Begitu Anda memaafkan, beban emosi akibat ketengangan, konflik yang belum terpecahkan, atau akibat salah langkah, akan terangkat.

Robin Casarjian, pengarang Forgiveness: A Bold Choice for a Peaceful Heart, yang berusaha memaafkan lelaki yang pernah memeperkosanya, berkata, “Begitu Anda memaafkan, secara emosi Anda tak lagi terbelenggu oleh orang yang menyakiti Anda.” Sungguh kebesaran hati yang luar biasa!

Jangan gengsi Meminta maaf bisa jadi bukan pekerjaan ringan. 
Orang-orang yang hatinya masih diliputi perasaan-perasaan sombong, merasa lebih baik, atau gengsi, akan terbata-bata jika harus meminta maaf.

Apalagi meminta maaf kepada orang yang selama ini dianggap lebih rendah darinya. Baik pengetahuannya, umurnya, maupun derajat sosialnya. Jika itu saja susah apalagi memberi maaf kepada orang yang telah melukai hatinya.

Tak perlu takut kehilangan gengsi. 
Buang jauh-jauh perasaan itu. Ketika Anda meminta maaf, posisi Anda lebih baik darinya. “Anda dalam posisi yang jauh lebih unggul daripada orang yang pernah menciderai Anda atau berbuat culas kepada Anda,” kata Napoleon. “Anda masih memiliki kekuatan yang cukup untuk memaafkan orang itu.”

Perbaiki batin Benahi kembali pikiran dan batin Anda. 
Ini cara yang paling ampun untuk menghindari kesalahan dan meringankan memberi maaf. Dengan perbaikan batin, menabur kebaikan di mana-mana, memudahkan maaf kepada orang lain, hidup Anda akan lebih indah dan bergairah.

Terimakasih Telah Baca Postingan Kata Maaf Agar Damai, inilah Cara Membuat Hati Dan Pikiran Selalu Tenang Dengan Memaafkan Orang Lain, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Istri Suka Pakai Baju Ketat Dan Terlihat Seksi Di Luar Dan Dalam Rumah, Apa Reaksi Yang Akan Anda Lakukan? wallpaper hot model, gratis mp3, islam, biografi profil dan biodata Richard Carlson Ph.D

LEAVE A REPLY