Kreatifitas Nasgor Kerudung Hijau

Nasi goreng adalah masakan paling favorit untuk kategori olahan nasi paling mudah. Memang nasi goreng sudah menjadi menu wajib bagi setiap warga Indonesia, dan bahkan tak memungkiri wisatwan asing pun juga menyukai makanan yang satu ini.

0
20
Para pengunjung ini sedang menikmati kreasi nasi goreng berkerudung yang dibuat oleh Chef Bagus Sumargono

laladila.com – Kreasi nasgor (nasi goreng) memang paling mudah dipraktekkan di rumah dan bikin kenyang. Dengan sedikit saja irisan aneka sayur atau lauk, Anda bisa mengubah rasa nasi goreng jadi lebih sedap.

Bosan dengan tampilan nasi goreng yang itu-itu saja? Tak ada salahnya untuk mencoba kreasi chef Hotel Pesonna Gresik Bagus Sumargono.

Dia berkreasi dengan nasi goreng syari yang terinspirasi dari aspek religius yang kental dari warga kota ini. Sekilas, bentuk nasi goreng syari buatan chef yang akrab disapa Margo tersebut mirip tumpeng mini.

Sebab, nasi dibungkus tudung dari daun pisang. Bedanya, yang terdapat dalam tudung itu bukan nasi putih atau nasi kuning, melainkan nasi goreng hijau.

’’Dibuat hijau karena Islam kan setahu saya identik dengan hijau,” terangnya. Warna hijau tersebut, lanjut dia, berasal dari sambal hijau sebagai bumbu utama.

Penggunaan cabai hijau membuat rasa pedas nasi goreng tidak begitu strong. ’’Dominasi rasanya lebih condong ke nasi goreng jawa. Sebab, rasa bawang merah dan bawang putihnya begitu kuat,” imbuhnya.

Setelah diolah, nasi goreng yang matang dimasukkan dalam tudung daun pisang. Kemudian, ditata di atas piring saji.

Tudung daun pisang tidak hanya berfungsi sebagai ’’kerudung”, melainkan juga menambah cita rasa. Aroma daun pisang menyatu dengan nasi goreng. Dengan begitu, muncul cita rasa yang khas.

Lantaran terlindung tudung, nasi goreng syari menjadi tidak mudah dingin. ’’Panasnya terjaga lebih lama,’’ katanya.

Lelaki yang berkecimpung di dunia kuliner hotel sejak 1999 tersebut menambahkan, sate udang berbalut tepung yang digoreng garing dan rempeyek menjadi pelengkap.

Untuk minum, Margo menyarankan sari jeruk atau lemon hangat maupun dingin. ’’Kedua jenis buah dapat meluruhkan minyak yang terkandung dalam nasi goreng,’’ ungkapnya.

Astrid Bunga, salah seorang penikmat nasi goreng, terpikat dengan tampilan nasi goreng syari tersebut. Tak hanya rasa, penyajian yang menarik bisa membangkitkan selera makan.

’’Kreatif, ada menu seperti itu. Alas dan tudung daun pisang membuat nasi goreng terlihat sangat tradisional,” ujarnya.

-sd-

LEAVE A REPLY