Presiden Jokowi Berkeliling Ke Sejumlah Makam

Kehadiran Presiden Jokowi dalam upacara Peringatan Hari Pahlawan sudah menjadi tradisi dan hampir selalu dihadiri presiden. Selain presiden, peringatan tersebut akan diisi oleh para pejabat termasuk menteri, petinggi Polri dan TNI.

0
6
Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta

laladila.com – Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, ziarah kubur pahlawan adalah kegiatan utama yang akan diadakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata. Tahun ini, presiden akan turut hadir dalam tradisi kenegaraan tersebut.

TMP Kalibata telah terisi sekira 9.700 makam. Lebih dari 7.000-nya adalah pemakaman korban militer dan veteran dari Perang Kemerdekaan Indonesia sampai Pahlawan Revolusi 30 S/PKI. Selain itu juga banyak pejabat penting yang dihormati, anggota militer dengan gelar minimal gerilya juga dikuburkan di TMP Kalibata.

Taman Makam Pahlawan yang akan dihadiri oleh Jokowi.
Taman Makam Pahlawan yang akan dihadiri oleh Jokowi.

Jokowi dijadwalkan hadir dalam Upacara Ziarah Nasional, Kamis pukul 08.00 WIB. Mantan Wali Kota Solo itu akan menjadi inspektur upacara.

Setelah menjalani upacara, Jokowi biasanya akan berkeliling ke sejumlah makam dan tabur bunga di makam-makam tertentu.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dengan warakawuri atau keluarga pahlawan nasional perintis kemerdekaan dan janda perintis kemerdekaan.

Usai itu, Jokowi diagendakan menuju ke Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Dia akan memberi arahan kepada para prajurit baret.

-sd-

LEAVE A REPLY