Ternyata Aktor Politik Penunggang Demo 4 November Adalah ?

Aktor Politik Penunggang Demo 4 November, Siapa aja tokoh-tokoh politik yang masuk ke dalam arena demonstrasi. Ya itu sudah terjawab, kata Wiranto

0
33
Aktor Politik Penunggang Demo 4 November

Laladila.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemananan, Wiranto, menyoroti para politikus yang ikut berdemonstrasi 4 November lalu. Salah satu politisi yang ikut berorasi di demo besar itu yakni Wakil Ketua DPR dari Partai Gerindra, Fadli Zon, bereaksi.

Wiranto memberikan komentar soal siapa yang dimaksud Jokowi sebagai aktor politik penunggang demo 4 November. Dia mengarahkan mata semua pihak kepada para politisi yang hadir di unjuk rasa yang berujung ricuh itu.

“Ya enggak usah dijawab, itu kan Anda sendiri lihat kan. Kita lihat memang ada tokoh-tokoh politik yang masuk ke dalam arena demonstrasi. Ya itu sudah terjawab,” kata Wiranto menjawab pertanyaan wartawan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (8/11) kemarin.

Tak terima dengan komentar Wiranto, Fadli Zon meminta agar Wiranto tak sembarang membuat pernyataan. Salah-salah, malah kekisruhan yang didapat. Justru Fadli Zon ingin Wiranto terbuka menyebut siapa saja nama aktor politik yang menunggangi demo berujung rusuh malah hari itu.

“Sebut saja siapa dalang demonstrasi, sebut saja aktor politik yang menunggangi kerusuhan,” kata Fadli saat berbincang, Rabu (9/11/2016) hari ini.

“Wiranto jangan menambah kekisruhan dengan pernyataan-pernyataan yang tak jelas,” kata Fadli saat berbincang, Rabu (9/11/2016).

Selain Fadli ada politisi lain dalam demo 4 November lalu itu, seperti Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Amien Rais dari PAN, anggota DPD RI Fahira Idris, Ratna Sarumpaet, hingga Lily Wahid.

Fadli Zon ingin Wiranto terbuka saja menunjuk hidung siapa yang mendalangi demonstrasi itu. Soalnya Presiden Jokowi menyebut ada aktor politik yang menunggangi demo berujung ricuh itu.

“Sebut saja siapa dalang demonstrasi, sebut saja aktor politik yang menunggangi kerusuhan,” kata Fadli.

Bila saja Wiranto mau menyebut dalang kerusuhan, maka pernyataan Wiranto bisa dites keabsahannya. “Cobalah di-share informasinya agar bisa kita uji kebenarannya,” pinta Fadli.

Fadli justru menduga ada pihak yang membisiki Presiden Jokowi agar tak menemui demonstran 4 November. Menurut Fadli, hal ini perlu diseriusi.

“Menurut informasi yang beredar justru ada pihak-pihak yang menganjurkan agar Presiden tak menerima delegasi demonstran. Ini yang perlu diselidiki. Termasuk informasi intelijen yang gagal mengantisipasi jumlah pengunjuk rasa,” kata Fadli.

Dia kini balik menyoroti Wiranto yang pernah menjadi Menteri Pertahanan Keamanan dan Panglima ABRI di pengujung Orde Baru itu. “Wiranto bukanlah orang yang cukup berprestasi menangani massa dan konflik. Lihat kasus Mei 1998, lepasnya Timor Timur, konflik Ambon, dan lain-lain,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi menyebut adanya aktor politik yang menunggangi aksi damai berujung ricuh pada 4 November 2016. Wiranto kemudian berkomentar bahwa memang ada politikus-politikus yang terlihat jelas di arena demo.

(Baca juga: Wiranto: Kita Tak Menuduh, Lihat Sendiri Ada Politikus di Demo 4 November)

“Ya enggak usah dijawab, itu kan Anda sendiri lihat kan. Kita lihat memang ada tokoh-tokoh politik yang masuk ke dalam arena demonstrasi. Ya itu sudah terjawab,” jawab Wiranto di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (8/11) kemarin.

Berarti aktor politik yang dimaksud itu memang yang ikut berdemonstrasi?

“Itu kan terserah Anda sendiri menerjemahkannya, terserah. Kita enggak bisa tuduh-menuduh. Tapi kan pada kenyataannya, kan banyak politisi yang juga hadir dalam arena itu. Terjemahannya bagaimana? Itu kembali lagi kita tidak usah tuduh-menuduh,” jawab Wiranto.

Sumber Detikcom

LEAVE A REPLY